/>

Mengendarai Motor Tanpa Jaket Tidak Baik Untuk Kesehatan

Sepeda motor adalah kendaraan yang paling banyak ditemui di Indonesia. Kebanyakan masyarakat menengah ke bawah mengandalkan kendaraan ini untuk keperluan transportasi jarak dekat maupun untuk jarak jauh. Hanya saja, banyak dari kita yang kurang bijak dalam menggunakan kendaraan roda dua ini. Disamping masih rendahnya kesadaran untuk memakai helm, banyak pengguna kendaraan bermotor yang tidak memakai jaket karena alasan panas. Tanpa memakai jaket, pengguna kendaraan bermotor, khususnya para komuter yang setiap hari melakukan perjalanan jarak jauh dari dan menuju tempat kerja, tentu akan beresiko mendapatkan gangguan kesehatan. Apa sajakah resiko memakai sepeda motor tanpa jaket?

Mengendarai Motor Tanpa Jaket Tidak Baik Untuk Kesehatan


Selamat datang di salah satu blogspot resmi milik Alfian Herbal yang merupakan Agen Resmi pusat penjualan obat herbal secara online yang terbesar dan terpercaya di indonesia yang lebih tepatnya berada di kota tasikmalaya. Pada kesempatan kali ini pihak Alfian Herbal akan memberikan informasi penting seputar kesehatan yang akan meliputi "mengendarai motor tanpa jaket tidak baik untuk kesehatan".

Nah, berhubung pada blogspot resmi ini tidak hanya produk herbal atau informasi tentang pengobatan penyakit saja yang dapat kami sampaikan, kutipan sederhana seperti artikel kesehatan ini juga dapat kami sampaikan meskipun singkat namun insyaalloh mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua. Simak terus sampai tuntas ulasan berikut!   

Mengendarai motor tanpa jaket tidak baik untuk kesehatan | Paparan angin saat mengendarai sepeda motor jika tidak ditahan dengan jaket ternyata bisa membuat tubuh menjadi tidak fit. Cobalah untuk berkendara setidaknya lebih dari 10-20 km tanpa memakai jaket, tubuh anda pasti akan merasa pegal-pegal anda merasa jauh lebih lelah jika dibandingkan dengan memakai jaket. Selain itu, paparan angin ke area dada terus menerus ternyata juga bisa membuat gangguan pada saluran paru-paru.

Menurut para ahli kesehatan, salah satu hal terpenting yang harus dilakukan oleh seorang pengendara sepeda motor adalah dengan melindungi bagian tubuhnya, terutama dada dan juga leher, salah satunya adalah dengan menggunakan jaket. Hal ini penting karena dapat mencegah berbagai kemungkinan untuk terjangkit penyakit yang berbahaya. Namun, kita sering menjumpai para pengendara mengabaikan hal tersebut dan tidak mempedulikan dampak bahaya yang bisa mengancam kesehatan mereka. 

Berikut ini beberapa bahaya naik motor tanpa menggunakan jaket 


Dikutip dari Halosehat.com_

1. Tubuh Menjadi tidak Fit

Pada saat mengendarai sepeda motor, tubuh kita tidak bisa menghindari terpaan angin yang kencang yang apabila hal tersebut dibiarkan terlalu lama dapat membuat tubuh menjadi tidak fit dan akan mengganggu konsentrasi kita. Menurut seorang Dekan dari Fakultas Kesehatan Masyarakat UI yang bernama Bambang Wispriono, Ph.D menyatakan bahwa pada saat mengendarai sepeda motor. Apalagi dengan jarak tempuh yang jauh tanpa menggunakan alat pelindung seperti jaket membuat tubuh tidak akan kuat menahan terpaan angin, sehingga hal tersebut akan berdampak pada kesehatan tubuh.

2. Suhu tubuh menjadi tidak stabil

Mengendarai motor tanpa menggunakan jaket atau pelindung dada dapat menyebabkan penurunan suhu tubuh. Dimana suhu tubuh normal manusia adalah berkisar antara 35-36 derajat Celcius. Fungsi jaket yang kita kenakan pada saat mengendarai motor adalah sebagai isolator panas, sehingga suhu tubuh kita akan tetap terjaga.

Manusia adalah makluk hidup yang berdarah panas sehingga pada saat terjadi penurunan suhu, maka tubuh akan mengkompensasi perubahan tersebut. Ini dapat berarti bahwa pada saat seseorang berkendara sepeda motor tanpa menggunakan pelindung tubuh seperti jaket, maka secara otomatis tubuh mensuplai lebih banyak darah ke daerah dada.  Apabila hal tersebut terjadi terus menerus maka akan dikhawatirkan terjadi penumpukan cairan di organ paru-paru, yang pada akhirnya dapat memicu terjadinya infeksi pada saluran pernafasan

3. Dapat menimbulkan kanker

Dampak berbahaya lain yang bisa dialami seorang pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan jaket adalah terkena paparan polusi udara yang mengandung partikel bahan-bahan kimia, seperti asap kendaraan bermotor dimana di dalamnya terdapat kandungan SO2, NO2, dan CO2. Paparan gas-gas tersebut dapat menimbulkan efek samping seperti mual, pusing, serta tubuh kekurangan gas O2. Dan jika hal tersebut terjadi dalam jangka waktu yang panjang dapat meningkatkan resiko penyakit kanker, seperti kanker paru-paru.


Bagi anda yang penasaran dan ingin memperbanyak pengetahuan tentang macam-macam kesehatan, jangan lupa untuk terus mengunjungi situs http://caramengobatipenyakitradangparuparu.blogspot.com/ untuk mengetahui artikel kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Link diatas sekedar memberitakan seputar produk herbal yang berkualitas dan berbagai macam kutipan kesehatan, jadi simpan baik-baik link tersebut jika suatu saat anda membutuhkan baik untuk pembelian produk herbal atau bahkan hanya sekedar mencari tahu tentang berita-berita kesehatan yang telah kami kutip. Salam sehat!!! 

Alamat Kantor Pusat Kami 
Jl Noenoeng Tisna Saputra Kp Sindanggalih Gg Pos Giro Rt 01 Rw 12 Kec. Tawang Kota Tasikmalaya 46115

Author

Written by Admin

Aliquam molestie ligula vitae nunc lobortis dictum varius tellus porttitor. Suspendisse vehicula diam a ligula malesuada a pellentesque turpis facilisis. Vestibulum a urna elit. Nulla bibendum dolor suscipit tortor euismod eu laoreet odio facilisis.

0 komentar: